Friday, June 3, 2016

OSN 2016 - Day 1 : Opening & Practice Session

Senin, 16 Mei 2016

Hari ini, jadwalnya pembukaan sama kalau buat komputer ada practice session. Practice session itu jadi sehari sebelum kontes, kita disuruh buat nguji sistem dan ya biar tau kondisi lomba nya gitu deh.

(kalo bosen, dibawah ada related videonya wqwq)

Jadi sekitar pagi pagi jam 5 an kita udah bangun buat ya seperti biasa mandi, makan, dll. Nah, pas pembukaan kita pake batik dari masing - masing kontingen. Batik Jawa Barat warnanya biru muda ada pink pink nya gitu, tapi yang cewenya kaya ibu - ibu gitu(?) wkwkw :') terus pembukaannya dihadirin sama Menteri Pendidikan Indonesia, Bapak Anies Baswedan dan juga semua peserta dari SD, SMP, dan SMA kumpul disitu semua jadi kebayang kan ramenya kaya apa :') Pembukaan dilaksanakan di PSCC (Palembang Sport Convention Center). Lumayan deket sih dari hotel.

Nih PSCC nya :


Pas masuk kedalem, sudah disulap menjadi :

Dan udah diputerin Mars OSN pas itu :3 btw, pas peserta SMA masuk, udah rame banget disitu, dan murid duduknya di tribun hiks :') Karena posisi tribun yang enak sudah kepake sama peserta SD dan SMP, kami sebagai peserta yang paling tua mengalah :') Glenda keitungnya dapet posisi yang lumayan bagus sih walaupun jelek juga, nih Glenda ngeliatnya kaya gini :


Wkwkwk dari samping :') ini masih mending loh, tadinya aku dapet yang ngadep ke penonton WKWKW like "buat apa kita dateng" wkwk tapi it's okay lah memang pasti peserta SD paling di prioritaskan, SMP kedua prioritas, SMA sisanya :')

Nih, tadinya Glenda dapetnya disini :

WKWKWKWK kek mau nontonin penontonnya itu mah :') untung aku ngeliat ada 2 kursi kosong di tribun samping, jadi aku sama jessica eve duduk disitu, temen - temen yang lainnya duduk di tribun agak belakang samping gitu ._. Nah, akhirnya mulai juga acaranya tuh.

Acara yang pertama itu ada kayak penyanyi gitu aku gatau namanya siapa sih seingetku dia ga memperkenalkan diri ._. Dia nyanyi lagu2 gitu banyak gitu, ada lagunya Glenda juga lol wkwkkw, terus ada lagu yang ku rela pergi pagi pulang pagi (?) wkkwwk trus apalagi ya lupa :' Nah, setelah itu MC nya baru muncul tuh dan Pak Aniesnya baru masuk <3 

Wkwk maaf ya emang agak ga jelas fotonya soalnya angle nya ga bagus ._. hehehe, pertama tama kita disuruh nyanyi lagu Indonesia Raya, nah semuanya kan pada nyanyi, abis itu lanjut Mars OSN, jadi pada diem masa wkwkwkw kayanya pada ga tau lagunya deh :') Glenda sih tau soalnya waktu OSN SMP itu dinyanyiin terus wkwkw setelah itu kaya ada penyerah piala bergilir Juara umum OSN ke panitia, soalnya taun lalu Jateng yang menang. Terus ada sambutan2, pembacaan janji juri dan janji peserta, terus ada Dominic Brian!!!! Dominic Brian tuh jadi dia penghafal angka tercepat didunia gitu katanya mah, nah jadi kaya pertunjukkan gitu deh dianya. Jadi si DB (disingkat aja ya._.) nya disuruh pake headset gitu terus kita nyebutin 100 angka 2 digit kalo ga salah? CMIIW. Terus udah ditulis ke tabel 10 x 10, lalu nanti dia hafalin 1 menit dan dia sebutin. Amazing banget gila walaupun dia kadang macet2 di tengah jalan tapi waw banget bisa ngafalin secepet itu :') dan kalo ditanyain "Angka di baris ke i kolom ke j berapa?" <- udah kaya soal CP aja lol. Nah dia jawabnya lancar banget gitu :') jago banget gila.

Nah, sampailah kepada sambutan dari Bapak Anies Baswedan. But, entah kenapa, karena aku tiba tiba ngerasa cape banget udah lama banget disana, Glenda jadi ngantuk, dan tiduran di pahanya eve wkwkwwkwkkwkw dan bener bener tidur tau ga :') tapi pas acaranya mau dibuka, Glenda denger soalnya kan heboh banget tuh ada kembang api lagi. Jadi Glenda bangun, foto kembang apinya, lalu tidur lagi :')
Btw maaf kalo namanya bukan kembang api :')

Nah, nyalanya kembang api tersebut mendadakan OSN secara resmi sudah dibuka! Uh gila tepuk tangannya keras banget :') Terus Glenda lupa lagi acaranya apa lalu kita semua keluar karena ceritanya acaranya sudah selesai.

Diluar, Glenda sibuk nyari temen - temen yang komputer soalnya kita mau practice session. Glenda tuh cewe sendiri dari Jawa Barat, jadi jarang diajak bareng - bareng gitu hiks sedih :') *curcol *maaf kalo ada dari Jawa Barat yang baca :( Tapi waktu itu TUMBEN BANGET Glenda dipanggil "Glenda!" gitu dan Glenda bersyukur masih ada yang peduli sama Glenda soalnya kaya anak ilang banget itu gila bayangin semua peserta OSN dari SD SMP SMA belom tambah yang lainnya disatu tempat :') 

Lanjut.

Singkat cerita, kami para peserta OSN Informatika 2016 tiba di lokasi tes, yaitu STMIK MDP. Pas dateng, kita langsung disambut sama L.O. Wakakak gaya ya aku kek di IOI aja :') Terus kita disuruh naik ke lantai 5. Pikiran aku tuh ya langsung ke lab, ternyata yang kami lihat : 

dan itu ada keyboard juga didepan ._. Ternyata, kita kesitu cuma buat makan sama ada briefing sebentar sebelum practice session. Setelah makan, Pak Julio langsung muncul buat mandu acaranya. Lalu kita briefing sama ko Brian Marshall, dan langsung dibagiin username sama password dan juga nomor kursi.

Ternyata, selama 3 hari ngoding di sini (practice session, contest day 1, contest day 2), nomor kursi kita bakal di acak terus. Jadi belom tentu bahkan kemungkinannya kecil banget buat kita duduk di kursi yang sama selama 3 hari itu. Dan kenyataannya emang aku duduk di kursi yang beda terus sih wkwkwk. 

Ada 3 ruangan, ruangan 1 buat no kursi 001-030, ruangan 2 031-060, dan ruangan 3 061-087. Buat practice session ini aku dapet no 059 which means di ruangan 2. 

Nah practice session dimulai jam setengah 3 - jam 3 an ya kalo ga salah dan waktunya 2 stengah jam - 3 jam an kalo ga salah hehe ._. Soalnya ada 4, (harusnya 3 sih, 1 cuma bonus buat nge test udah bisa submit atau belum), yaitu Halo Dunia!, Gunting Kertas (interaktif), Matriks Biner (output only), Empek Empek(?) (batch).

Pertama karena baru soal Halo Dunia! yang di buka, jadi kerjain itu dulu, dan langsung AC ._. 

Terus pas soal Gunting Kertas dibuka, coba kerjain. Jadi kaya diberikan kertas ukuran N x M, kita sama Pak Dengklek main permainan gitu. Jadi, kita harus motong kertasnya jadi A x M atau N x B (1<=A<=N && 1<=B<=M). Nah, kalo kita bisa gunting jadi 1 x 1, kita menang. Entah kenapa aku emang mikir harus jadi persegi dulu but ga dapet 100 maigat kodenya ngebug dimana ya duh cupu banget emang :( kayanya karena terlalu alay nambahin2 case buat N sama M kecil gitu deh gatau juga kenapa waktu itu gitu ._. yaudah lah pindah soal. 

Soal Matriks Biner ini output only. Jadi dikasih matriks N x M yang isinya angka 0 atau 1, tapi kita cuma dikasihtau hasil XOR dari setiap baris sama setiap kolom. Dari data yang kita tau, kita harus nge construct matriksnya. Nah, aku kepikiran kalau hasil XOR nya 0, berarti banyak 1 nya genap, kalo hasil XOR nya 1, berarti banyak 1 nya ganjil. Dengan pedoman itu, bc i'm too lazy to code karena blom kepikir gimana ngodingnya :') jadi aku kerjain manual hehehehe. Nah, tinggal subtask terakhir aja tuh yang aku blom ketemu soalnya 10 x 10 kalo ga salah ._. Tapi, kenapa ya nilainya ga sesuai gitu ._. Ternyata baru inget kalau di soal di kasih tau kalo banyaknya 0 harus sama dengan banyaknya 1 ....... ._. Dan pas aku itung udah ada yang sama, tapi ada juga yang cuma kelebihan 2 gitu zzz :') Tapi udah kaya buang waktu banget itu jadi aku lanjut ke soal terakhir ._.

Soal terakhir itu jadi intinya dikasih string isinya karakter 1,2,3. Kita disuruh cari berapa banyak kombinasi yang angka 1 sebelum angka 2, dan angka 2 sebelum angka 3. Duh piye ya jelasinnya ._.

Misal, stringnya 1121332.
Nah, itu ada 4 kombinasi. 
Index ke 1, 3, 5
Index ke 1, 3, 6
Index ke 2, 3, 5
Index ke 2, 3, 6

Dari constrain subtask terakhir, gak mungkin banget for 3 kali wkwkwk. Terus kepikiran prefix sum gitu. Jadi prefix sum nya ada 2 gitu, buat angka 1 dan angka 3. Ide nya aku mah, jadi buat setiap posisi angka 2, kita data berapa banyak angka 1 di sebelah kirinya dan banyak angka 3 di sebelah kanannya, terus dikaliin, abis itu dijumlah sama hasil dari posisi angka 2 yang lain.

Contoh : 
String : 1121332
psum1: 1223333
psum3: 2222210 -> jalaninnya dari kanan.

Terus karna posisi angka 2 nya di index 3 sama 7 (oh iya aku 1-based indexnya :')) jadi jawabannya psum1[3]*psum3[3] + psum1[7]*psum3[7] = 2*2 + 3*0 = 4.

Dengan algoritma kaya gitu bisa AC akhirnya :') 

Yah pokoknya pas practice session agak jelek gitu soalnya yang gunting kertasnya ga 100 :') cupz banget gils gitu aja ngebug :') 280 kalo ga salah nilainya huaaa :'(((((((

 Practice session pun selesai, kita dibawa ke lantai 5 lagi, oh ya lab nya di lantai 2 hihi. 

Setelah practice session, kita ada sesi QnA sebentar buat peserta yang masih bingung dengan sistem lombanya tadi. Terus, ada pembagian kaos. Nah, karena suasananya kosong banget, Pak Yugo main keyboard didepan. Oh ya, kalau belum tau Pak Yugo, coba baca caption post instagram saya yang sama Pak Yugo. Nah, lagunya itu Indonesia Pusaka. Tiba - tiba, Bu Inge dan Pak Julio nyanyi gitu dan teman saya, ci Pauline juga. Melihat itu, Bu Inge memberikan mic nya kepada ci Pauline dan jadinya Glenda sama ci Pauline nyanyi bareng hahaha. Kita dijulukin trio kwek kwek sama Bu Inge, soalnya waktu itu kita lagi sama Violin tapi Violin gamau nyanyi :( Wkwk semenjak itu, kita kaya udah di noted buat nyanyi pas TOKI Gathering :') hehe terus kita foto bersama (gapunya fotonya maaf :( ). Terus kita diperbolehkan buat kembali ke hotel lagi. Tapi, kita minta foto sama Pak Yugo dulu hehehe. 

Maaf foto sendirinya nimbrung :( Violin ga mau foto hiks :( ini ci Pauline.

Lalu, kita pulang ke hotel. Karena kita udah nyampe nya cukup malem, kayanya yang paling malem dari pelajaran lain. Jadi kita langsung makan malem, abis itu tidur buat mempersiapkan kondisi di the actual contest day 1. 

Btw, related video(s), taken from youtube : 


**

Read the following day : OSN 2016 - Day 2 : Contest Day 1
Read the previous day : OSN 2016 - Day 0 : Arrival

**

Day 1 selesai :')

Maaf panjang :')

Day 2 will be updated asap!

5 comments: