Tuesday, June 7, 2016

OSN 2016 - Day 2 : Contest Day 1

Selasa, 17 Mei 2016

^ultah mama dan nando yeaaayy happy birthday!

Hari ini hari penderitaan perlombaan pertama. :')

(kalo bosen, dibawah ada related videonya wqwq)

Ya, hari hari ini yang paling ditakutin kalo buat aku :') Kaya perjuangan bertahun - tahun ditentuin di 2 hari ini. Deg degan banget lah, jelas :') 

Jadi hari ini itu kita bangun pagi, mandi, lalu sarapan. Seperti biasa lah. Dan kali ini kita pake seragam sekolah masing - masing. Pokoknya selama lomba itu kita pake seragam. Nah, hari ini Glenda pake seragam putih abu - abu. *gapenting sih*. Setelah makan, kita langsung digiring *kaya peliharaan aja :')* sama panitia ke bus buat berangkat ke tempat lomba masing - masing. Oh iya, karena temen aku itu kebanyakan anak biologi dan peraturan dari biologi itu hape dan laptop dikumpulin sebelum tes sampe tes hari ke 2 selesai, jadi aku bener2 sama sekali ga ketemu mereka pas hari kontes hiks :') mau ngontak juga gabisa :') lanjut. Sesampainya di bus, bus ga langsung berangkat soalnya nunggu bus nya penuh dulu baru berangkat. Para dewa - dewa terlihat santai meanwhile Glenda takut setengah mati :') 

Sesampainya di STMIK MDP, para pembina TOKI seperti Pak Julio, Pak Rully, Bu Inge sudah didepan pintu menunggu kita ._. Dan kita disuruh baris gitu, buat dibacain nama, dan dikasih uname, password sama nomor kursi. Pak Julio bacain nama kita satu persatu sedangkan Pak Rully yang bagiin username sama password. Di contest hari ke 1 ini Glenda dapet nomor kursi 041 yang berarti di Ruang 2 lagi. 

Peraturan sebelum contest dimulai adalah, tas taro di depan, hape masukin tas, minum dan makan taro luar, dan gak boleh megang perangkat apapun sama sekali. Durasi lombanya yaitu 5 jam tanpa istirahat. Makanya panitia menyediakan makanan dan minuman di luar yeay jadi kalo udah stress, kita bisa keluar buat makan dan minum.

Di contest hari ke 1 ini lomba dimulai pukul 08.25 WIB yang berarti berakhir pada pukul 13.25 WIB. 

Lomba pun dimulai. Kita dikasih 3 soal, yaitu :
1. Pasar 16 Ilir (batch)
2. Pos Wisata Sungai (batch)
3. Menjinakkan Bom *baru tau bom bisa dijinakiin wkwk :')* (interactive)

Glenda pun baca semua soal terlebih dahulu, dan Glenda ngerasa yang Menjinakkan Bom susah banget wqwq :')

Soalnya belom muncul di TLX maap ya :') q males ngetik soal :')

Hehe.

Glenda coba mikir untuk Pasar 16 Ilir, aku ada salah ngerti soal awalnya, ku kira P sama Q nya gak bisa negatif. Jadi sempet cuma dapet 42 poin gitu atau berapa ya. Padahal menurut aku kayanya ini di DFS aja gitu tapi karena waktu itu belom ngeh jadi mikirnya waktu itu mungkin idenya salah :')

Terus Glenda coba ke Pos Wisata Sungai. Awalnya bingung gitu ini gimana ya? Terus tiba tiba keinget soal kemaren pas practice session yang ada XOR nya itu loh. Dan setelah ngeliat constraint subtask terakhir, rasanya ini harus O(1) deh. Lalu Glenda sadar kalo 

  nC0 + nC2 + nC4 + ... + nC(genap terakhir) = nC1 + nC3 + nC5 + ... + nC(ganjil terakhir) = 2^(n-1)

Kalo gitu, berarti kita bisa buat rumusnya yeay :')) 

Rumusnya adalah : (mCk) * (2^((n-1)*m)) 

Sempet WA karena salah type data atau apa ya gitu lupa, tapi setelah di edit akhirnya dapet 100 :') Puji Tuhan :')

Abis itu, Glenda coba pikir soal menjinakkan bom dengan cara main game nya. Dari main game, tiba - tiba dapet pola yang datangnya gak jelas dari mana dan Glenda langsung coba ngoding.

int main() {
   int bip = 0;
   int i = 1;
   while(bip<n) {
      printf("%d\n",i);
      fflush(stdout);
      scanf("%s",inp);
      if(strcmp(inp,"BIP")==0) bip++;
      i++;
      i %= n;
      if(i == 0) i = n;
   }
   return 0;
}

ya kode kaya diatas bisa dapet 25 :') :') ya mayan lah ya :') wkwkwk.

Karena bingung how to tame a bomb, jadi Glenda pindah ke soal pasar ilir tadi. Glenda masih belom ngeh salah dimana :') Setelah baca soal sekali lagi, baru ngeh kalo kan katanya cost nya bisa negatif, berarti P sama Q nya juga bisa negatif.

Setelah diedit, puji Tuhan pas dikumpulin dapet 100 :') :') dan Glenda fokus di Menjinakkan Bom tapi nihil :') gak dapet apa2 hiks :') dan akhirnya kontes pun berakhir :O

Oh iya, sebenernya waktu itu live scoreboard bisa diliat di osn2016.ia-toki.org buat orang diluar tapi peserta gak bisa lihat sama sekali. Jadi kita ber 87 bener - bener curious dengan posisi kita sebelum di freeze :') Oh ya di freeze itu jadi kaya dibekuin gitu :v jadi selama 1 jam terakhir, gak akan terjadi perubahan apa - apa di live scoreboard tapi di sistem juri tetep ada dong. 

Nah, setelah kontes berakhir, kita semua keluar buat liat scoreboard. Dan tak disangka2, posisi Glenda sebelum scoreboard di freeze di hari ke 1 itu ke 3 :') Gak nyangka banget sumpah bener2 diluar ekspetasi ._. Tapi maaf di link yang aku kasih itu udah gabung sama hari ke 2 ._. 

Setelah lomba, kita ke atas untuk makan, lalu karena masih ada lomba di hari esok, kita semua langsung disuruh balik ke hotel untuk istirahat.

Oh iya, selama OSN 2016 di Palembang ini ada beberapa hal yang tidak diinginkan terjadi:') Di hotel Grand Duta, beberapa peserta keracunan setelah makan :") Yang di Grand Duta itu pelajaran Matematika, Fisika, Ekonomi. Kasian banget mereka, ada yang ngerjain tes sambil sakit2 gitu :') Nah jadi papa nelfon aku kan terus nanya kalo aku keracunan apa engga dan Puji Tuhan engga, terus papa agak takut aku makan makanan hotel gitu, awalnya males buat keluar sih, tapi nyadar kalo MekDi cuma tinggal jalan kaki doang jadi ya, why not? hehe jadi Glenda sama Kak Dhesya makan di MekDi, sedangkan Kak Belia emang lagi keluar waktu itu jadi cuma berdua doang.

Setelah makan, kita santai2 sebentar dikamar terus langsung tidur lagi. Soalnya masih ada hari kedua :') Glenda gak boleh puas sama hari ini dulu toh belom tentu tadi beneran ke 3 dan besok bisa ajaa turun :')

Btw, related video(s), taken from youtube :

 



Day 2 selesai :')

Maaf kalo kepanjangan / kependekan :')

Day 3 will be updated asap!

No comments:

Post a Comment